BAB I
ARTI, SARANA DAN FUNGSI
MANAJEMEN
1. ARTI MANAJEMEN
Manajemen
sering diistilahkan sebagai ketatalaksanaan, manajemen dan manajemen
kepengurusan. Untuk menghindari interpretasi yang berbeda-beda maka kita
gunakan bentuk aslinya. Yaitu manajemen.
- Manajemen sebagai proses
- Manajemen sebagai
kumpulan, kolektivitas orang-orang
yang melakukan aktivitas manajemen
- Manajemen
sebagai suatu seni ( art ) dan sebagai Ilmu ( science )
Manajemen sebagai proses
Menurut Encylopedia
of the social, manajemen yaitu suatu
proses dengan proses mana pelaksanaan suatu tujuan tertentu diselenggarakan dan
di awasi
Menurut Haimann, manajemen yaitu fungsi untuk mencapai sesuatu melalui
kegiatan orang lain dan mengawasi usaha-usaha individu untuk mencapai tujuan
bersama.
Menurut George R. Terry, Manajemen yaitu pencapaian tujuan yang ditetapkan
terlebih dahulu dengan mempergunakan kegiatan orang lain.
Dari definisi di atas dapat disimpulkan sebagai berikut :
-
Adanya tujuan yang hendak dicapai
-
Tujuan
dicapai melalui kegiatan orang lain
-
Kegiatan-kegiatan
orang lain harus dibimbing dan diawasi
Manajemen sebagai
kolektivitas orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen
Adalah orang yang melakukan aktivitas dalam suatu badan tertentu sering
disebut sebagai manajemen. Bentuk tunggal manajer
Yang termasuk dalam bentuk
melakukan aktivitas, sering dinamakan proses manajemen, fungsi-fungsi manajemen
atau unsur-unsur manajemen. Hal ini sering dilakukan manajer yaitu melakukan fungsi planning,
organizing, staffing, directing dan controlling.
Manajemen sebagai seni dan sebagai ilmu
Pendapat Chester I Barnard, Henry Fayol, Alfin Brown Harold Koontz,
Cyril O’ Donnel dan Gerge R. Terry
Manajemen sebagai seni yaitu
berfungsi untuk mencapai tujuan yang nyata mendatangkan hasil atau manfaat.
Manajemen sebagai ilmu yaitu
berfungsi menerangkan fenomena-fenomena / gejala-gejala, kejadian-kejadian,
keadaan-keadaan yang memerlukan penjelasan-penjelasan.
Unsur keilmuan yaitu kumpulan
pengetahuan tertentu yang dinyatakan dalam peraturan-pertauran,
statemen-statemen melalui berbagai ujian-ujian, penyelidikan-penyelidikan.
Unsure seni yaitu pemakaian pada situasi tertentu sehingga menjadi
pembawaan, menjadi keahlian bersifat intuisi.
Dari pengertian definisi diatas,
maka manjemen adalah seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, penyusunan,
pengarahan dan pengawasan sumber daya untuk mencapai tujuan yang sudah
ditetapkan.
2. SARANA MANAJEMEN
Sarana manjemen untuk
mencapai tujuan yaitu
Man ( manusia ) merupakan sarana penting untuk mencapai tujuan yang
telah ditentukan, berbagai aktivitas yang dilakukan manusia adalah seperti
fungsi-fungsi manajemen atau bidang-bidang lainnya. Seperti aktivitas
penjualan, personalia dan lain sebagainya.
Money ( Uang ) merupakan sarana untuk mencapai tujuan, setiap
aktivitas yang dilakukan manajemen tentunya membutuhkan uang, seperti pembelian
bahan baku ,
penggajian, ongkos produksi dan sabagainya. Disamping itu perlu adanya
kecermatan dalam mengkalkulasi dan perhitungan dalam penggunaan uang, agar
tujuan yang telah ditentukan tercapai.
Materials ( Bahan-bahan ) dalam proses pelaksanaan kegiatan,
manusia membutuhkan bahan-bahan, dalam perusahaan manufacturing yaitu sebagai
dasar untuk proses produksi menjadi barang jadi, hal ini sebagai sarana
manajemen untuk mencapai tujuan.
Machines ( Mesin ) untuk membantu proses produksi diperlukan mesin.
Disamping manusia mesin juga sangat diperlukan, untuk saling mendukung. aktivitas
manajemen.
Methods ( Cara ) dalam melakukan aktivitas dihadapkan berbagai
macam alternatif cara melakukan pekerjaan. Sehingga metode-metode tersebut
dapat ditemukan kegiatan yang efektif dan effiisien, berdaya guna dan berhasil guna.
Markets ( Pasar ) adalah sarana penting untuk memasarkan hasil
produksi, minimal dapat mempertahankan pasar yang sudah ada. Bagi
perusahaan yang berorientasi profit
tidak lepas dari markets.
Dari kesemuanya yang telah
disebut di atas adalah merupakan sumber daya. Sumber daya ini adalah alat
manajemen untuk mencapai tujuan.
3. FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN
Berbagai macam
pendapat mengenai fungsi-fungsi manjemen, unsur-unsur manajemen atau proses
manajemen, adalah sebagai berikut :
Louis A. Allen : Leading,
Planning, Organizing, Controlling
Henry Fayol : Planning, Organizing,
Commanding, coordinating,
controlling.
Luther Gullich : Planning, Organizing, Staffing, Directing,
Coordinating,
Controlling.
Koontz dan O’Donnel : Organizing, Staffing, Directing, Planning, Controlling.
William H. Newman : Planning,
Organizing, Assembling, Resources,
Directing, Controlling
George
R. Terry : Planning,
Organizing, Actuating, Controlling.
Lyndak
F. Urwicck : Forcesting,
Planning, Organizing, Actuating, Leading,
Communicating, Controlling.
The
liang gie : Planning, Decision making,
Directing, Coordinating,
Controlling, Improving. :
Dari pendapat di atas
fungsi-fungsi manajemen dapat disimpulkan adalah sebagai berikut, menjadi tiga belas fungsi manajemen. ;
Forecasting, memperkirakan, meramalkan, memproyeksi atau mengadakan
taksiran terhadap berbagai kemungkinan yang akan terjadi sebelum suatu rencana
yang lebih pasti dapat dilakukan.. misal memforcast penjualan hasil produksi
dengan mengkalkulasi jumlah penduduk pada daerah penjualan, income perkapita
anggota masyarakat, kebiasaan membeli dan sebagainya.
Planning ( termasuk Budgeting ) adalah penentuan serangkaian
tindakan untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan. Perencanaan juga dapat
merumuskan penetapan apa yang harus dicapai, dimana hal itu harus dicapai,
bagaimana hal itu harus dicapai, siapa yang betanggung jawab dan mengapa hal
itu harus dicapai. Planning juga dirumuskan sebagai penetapan tujuan, policy,
prosedur, budget, dan program organisasi.
Organizing adalah mengelompokkan kegiatan yaitu penetapan susunan
organisasi, tugas dan fungsi –fungsi dalam unit organisasi. Serta menetapkan
kedudukan, sifat hubungan dalam unit organisasi masing-masing. Organisasi
dirumuskan sebagai keseluruhan aktivitas
manjemen dalam mengelompokkan orang-orang, penetapan tugas, fungsi, wewenang
tanggung jawab, sehingga mencapai tujuan yang diinginkan.
Staffing ( Assembling Resources ) salah satu fungsi manajemen
berupa penyusunan, perekrutan, pengembangan dan penetapan jabatan personalia
agar dapat memberikan kerja / aktivitas secara maksimal kepada organisasi.
Directing atau Commanding yaitu berhubungan dengan memberikan saran,
bimbingan, perintah-perintah, instruksi-instruksi serta berfungsi mengkordinasi
kepada bawahan dalam melaksanakan tugas
sesuai dengan tuj
uan yang telah ditetapkan.
Leading yakni seorang manajer / pimpinan memberikan pengaruhnya kepada bawahannya agar
melakukan tindakan suatu pekerjaan. Pekerjaan leading dapat meliputi
kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
-
Mengambil keputusan
-
Komunikasi
dengan bawahan agar melakukan pekerjaan
-
Memilih
orang agar menjadi kelompoknya.
-
Pengembangan pengetahuan bawahan
-
Memperbaiki Sikap dan terampil bawahan
Coordinating salah satu fungsi manajemen yakni menghubungkan,
menyatukan dan menyelaraskan pekerjaan bawahan sehingga terdapat kerja sama
yang terarah dalam usaha mencapai tujuan organisasi. Untuk menyelaraskan dan
terarah dibutuhkan instruksi, perintah, memberikan penerangan- penerangan dan
bila perlu teguran dengan memberikan surat peringatan.
Motivating adalah memberikan dorongan semangat kepada bawahan agar
melakukan pekerjaan sesuai yang diinginkan organisasi. Dorongan seorang atasan
kepada bawahan adalah agar bawahan bekerja lebih semangat, sehingga menjadi
produktif. Effektif dan effisien.
Controlling ( Pengawasan / Pengendalian ) yaitu mengadakan
penilaian, koreksi sehingga apa yang dikerjakan oleh bawahan berjalan dengan
baik sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan. Dalam fungsi pengawasan
seorang atasan mengadakan pemeriksaan, mencocokkan agar aktivitas berjalan
sesuai dengan rencana serta tujuan yang diingkan.
Reporting ( Pelaporan ) yaitu berupa penyampaian perkembangan, hasil
kegiatan, pemberian keterangan mengenai segala tugas dan fungsi kepada
seseorang ( pejabat yang lebih tinggi ) baik secara lisan maupun tertulis,
sehingga yang menerima laporan memperoleh gambaran pelaksanaan tugas orang yang
memberi laporan.( bawahan)
4. TINGKAT-TINGKAT MANAJER
Manajer terdapat dalam sebuah organisasi /
perusahaan, banyak manajer dalam perusahaan atau sering disebut sebagai
manajemen yaitu merupakan kolektivitas orang-orang yang melakukan aktivitas
atau fungsi-fungsi manajemen,. masing –masing manajer mempunyai fungsi yang
sama, tetapi dilihat dari corak kegiatannya terdapat perbedaan, sesuai dengan
tingkatan manajer.
a.
Top Mnager (
Manajer tertinggi ) pucuk pimpinan, kategori ini adalah anggota- anggota board
of manager ( dewan Direksi ) dan presiden perusahaan
b. Middle Manager ( Manajer Menengah )
kategori ini adalah kepala bagian, kepala-kepal devisi dan kepala seksi
c.
Supervisory Manager au First Line Manager ( Manajer tingkat pertama )
kategori ini adalah kepala mandor, dan mandor.
Dapat digambarkan tingkatan manajer, seperti di bawah ini :
Top Manager
Middle
Manager
.
First
Line Manager
Gambar 01.01
Sesuai dengan perbedaan tingkat
manajer, maka corak kegiatan manajer dapat dibedakan menjadi empat kriteria :
-
Board of Manager bergerak memimpin organisasi /
perusahaan secara keseluruhan
-
Presiden memimpin para manajer agar terdapat team works
-
Depertemen/division memimpin pekerja yang meliputi
bidang-bidangya
-
Superindent, general foreman dan forman memimpin para
pekerja supaya melaksanakan pekerjaannya sesuai dengan tujuan
organisasi/perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar